Langkah Nyata Anak Negeri Hadapi Persaingan Global

Sambut Masyarakat Ekonomi ASEAN Desember 2015

 

cara ekspor onlineApa itu Masyarakat Ekonomi Asean ? Pasar bebas ASEAN akan dimulai pada Desember 2015. Tujuan dibentuknya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) adalah untuk meningkatkan stabilitas perekonomian dikawasan ASEAN, yaitu dengan mengintegrasikan perekomian di kawasan Asia Tenggara ke dalam satu perekonomian tunggal. Hal ini diwujudkan dengan merealisasikan arus bebas barang, jasa, orang (tenaga kerja ber-skill), modal dan investasi di-antara negara Asia Tenggara. Dengan demikian, Asia Tenggara dapat menjadi pasar tunggal dan basis produksi yang atraktif bagi perusahaan multinasional untuk berinvestasi melalui foreign direct investment (FDI). Selain itu diharapkan mampu mengatasi masalah-masalah dibidang ekonomi antar negara ASEAN.


 

Apakah Indonesia Siap Menghadapi MEA?

 

Pemerintah sudah mewanti wanti bahwa masyarakat indonesia harus sudah siap dari semua segi agar tidak kalah dengan negara negara lain yang perekonomiannya sudah lebih maju dibandingkan indonesia. Wakil Presiden jusuf kalla pun menegaskan bahwa pemerintah dan rakyat indonesia setidaknya harus mempersiapkan tiga hal untuk menyambut datangnya pasar bebas ASEAN. Tigal hal tersebut antara lain:

  1. Kesiapan infrastruktur yang ada di indonesia guna menekan ongkos logistik. Seperti yang kita tahu bahwa indonesia adalah negara yang luas maka arus distribusi pun seharusnya bisa lebih cepat mengalir jika didukung oleh infrastruktur yang tepat.
  2. Berdaulat atas bahan pangan untuk menekan impor. Bukan rahasia umum indonesia yang notabene adalah negara yang mempunyai kontur alam terbaik untuk memproduksi padi malah lebih sering mengimpor padi dari luar negeri, hal ironis tersebut diharapkan tidak terjadi lagi di tahun ini mengingat pasar bebas mempunyai arti lebih menguntungkan bagi negara lain untuk memasarkan produknya di indonesia, dan jika kualitas bahan pangan kita masih kalah, bukan alasan lagi kalau perekonomian makin merosot.
  3. Kesiapan di bidang manufaktur. Harapannya indonesia dapat bersaing memantapkan sumber daya manusianya agar tidak kalah dengan negara lain. Singapura dan malaysia mempunyai keuntungan karena sumber daya manusia mereka diatas rata rata tapi indonesia mempunyai kelebihan dalam soal kuantitas, oleh karena itu pemerintah harus mengakomodir betul supaya sumber daya manusia kita makin profesional dan bisa bersaing bahkan kalau bisa mendominasi sektor bisnis di luar indonesia itu sendiri.

Apa Yang Bisa Kita Lakukan ??

 

Masyarakat indonesia diharapkan dapat mulai peka untuk membangun ekonomi negaranya sendiri. Jika bangsa asing saja sudah tertarik dengan berbagai potensi Indonesia, apa yang bisa kita lakukan sebagai Anak Negeri? Simak beberapa poin berikut dan silahkan tinggalkan komentar untuk feed back dan memperkaya gagasan ini…

  1. Wirausaha. Menteri Keuangan Bambang PS Brojonegoro beberapa waktu lalu menegaskan kewirausahaan adalah salah satu dari tiga kunci untuk mencapai kemandirian bangsa Indonesia. Setidaknya kita bisa mencuri start lebih awal dengan cara mengkaryakan yang namanya wirausaha dari sekarang untuk meningkatkan perekonomian lokal. Butuh Modal? Bukannya sudah disiapkan Kredit Usaha Rakyat? Baca juga: Berperan dalam Pertumbuhan Ekonomi Indonesia dan untuk Panduan mendapatkan kredit sebagai modal usaha baca juga di Panduan Pinjaman KMUMKM via LPDB atau Panduan Kredit Usaha Rakyat. Sebagai informasi jumlah pengusaha sukses di Indonesia hanya 1,56 persen dari total 240 juta penduduk. Padahal, wirausaha merupakan salah satu profesi yang dapat menggerakkan ekonomi di satu negara.

    Masyarakat Ekonomi ASEAN

    Wirausaha Untuk Kemandirian Bangsa – Foto Ilustrasi APBNNews.com

  2. Kerja keras, inovasi, dan TIngkatkan Kualitas Produk Lokal.  Buktikan bahwa produk dalam negeri mempunyai kualitas yang tidak kalah dari produk asing, dan berbanggalah dengan produk Indonesia. Dan syukur-syukur Anda bisa pasarkan produk berkualitas ke luar Negeri. Mau tau caranya?  Baca: Succes Story Ekspor Online dari Depan Laptop! Dengan begitu kita dapat mendukung pengembangan industri dan barangkali juga pariwisata nasional agar dapat mempercepat kegiatan sektor-sektor strategis ekonomi domestik untuk mewujudkan kemandirian ekonomi.

    Masyarakat Ekonomi ASEAN

    Kerja Keras dan Inovasi! Tingkatkan Kualitas Produk Dalam Negeri. Foto Ilustrasi – APBNNews.com

  3. Manfaatkan IPTEK.  Banyak sekali blogger dari Indonesia yang telah sukses membuktikan mendapatkan dollar dari internet. Kalian bisa turut andil disitu, dan jadilah Pahlawan Devisa dengan mendatangkan dollar ke Indonesia. Salah satu caranya adalah via google adsense, saya kira Anda bisa pelajari sendiri dengan mengunjungi halamannya. Atau Anda masih baru dengan hal ini? bisa sambil belajar dengan program serupa dari negeri kita seperti kliksaya.com dan pemasang.com.

    Masyarakat Ekonomi ASEAN

    Ekspor Produk Lokal Ke Luar Negeri – Foto Ilustrasi APBNNews.com


Mungkin tidak banyak yang bisa redaksi share pada saat artikel ini ditulis, dan mungkin Anda mempunyai gagasn lain yang lebih baik atau menyempurnakan ketiga poin diatas? tentunya hal ini akan bermanfaat untuk kita semua. Share opini Anda pada kolom komentar dibawah, masukan yang menurut redaksi berkualitas akan kami tambahkan pada artikel diatas. Salam Anak Negeri! Mari Kita Sambut MEA 2015 dengan Berani!

 


Baca Juga:

One thought on “Langkah Nyata Anak Negeri Hadapi Persaingan Global

  1. Ping-balik: Digital Banking: Mewujudkan Less Cash Society - APBNNews.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s