Tips Rencana Keuangan Untuk Liburan

Rencanakan Keuangan Liburan Anda


 

Anda memiliki rencana liburan ke suatu tempat wisata, tentu bukan hanya tiket transport dan penginapan saja yang harus dipikirkan tetapi juga keuangan dan perencanaannya. Rencana keuangan pada saat liburan menjadi penting karena Anda pasti tidak ingin kehabisan uang pada saat liburan masih berjalan? Karena, berlibur memerlukan dana ekstra dan strategi perjalanan agar Anda tidak terjebak boros. Yuk coba atur rencana keuangan liburan Anda…

Ada cara agar Anda bisa mendapatkan liburan hemat tetapi tetap menyenangkan. Berikut beberapa tips jitu agar Anda tak akan kehabisan uang seusai berlibur:

  1. Untuk menghindari pengeluaran tak terduga ketika dalam perjalanan, rencanakan anggaran liburan Anda. Transportasi jenis apa yang mau digunakan, penginapan dimana dan biaya makan selama perjalanan? dan jangan lupa perkirakan juga pembelanjaan selama liburan berjalan, misalnya untuk oleh-oleh dan cinderamata.
  2. Pilihlah tujuan wisata karena Anda memang punya alasan kuat ingin mengunjunginya dan sesuaikan dengan budget Anda. Dan yang paling penting jangan memaksa memilih waktu keberangkatan karena euforia masa liburan. Pada musim liburan tarif transportasi dan akomodasi sedang di puncak harga termahalnya. poin ini gugur apabila Anda memilki putra putri yang membuat Anda terpaksa menyesuaikan dengan masa liburan sekolah mereka.
  3. Untuk merencanakan budget holiday trip atau rencana keuangan liburan dengan lebih lebih rinci, Anda perlu mengecek promo-promo lokal di negara/kota tempat tujuan wisata, mulai dari tinggal di hotel gratis sampai dengan diskon di restoran-restoran. Dengan demikian, Anda dapat menikmati akses terhadap promo tersebut namun dengan biaya yang hemat.
  4. Hindari membawa uang tunai dalam jumlah banyak. Semakin sedikit uang tunai yang dibawa semakin sedikit risikonya. Gunakan metode-metode pembayaran elektronik seperti kartu debit, kartu kredit, atau kartu pra-bayar (prepaid card).
  5. Saat sedang membeli oleh-oleh belilah hanya untuk orang terdekat. Oleh-oleh biasanya membuat gelap mata dalam berbelanja. So, pilihlah oleh-oleh dengan bijak yang tetap sesuai dengan budget liburan Anda. Persiapkan daftar nama terlebih dulu. Jika sudah selesai belanja sesuai daftar nama, segera tinggalkan kios supaya tidak kalap😀.
  6. Manfaatkan city tour yg akan mengantar Anda ke semua tempat wisata hanya dengan bayar satu kali saja. Dengan begitu Anda dapat lebih hemat🙂
  7. Terakhir dan terkadang dilupakan, alokasikan budget Anda  untuk asuransi perjalanan. Sangat penting memiliki pengaman saat berlibur, seperti asuransi. Saat memilih asuransi, lihatlah apa yang Anda butuhkan dan mempertimbangkan jenis liburan itu. Tentunya disesuaikan dengan ketersediaan budget Anda, intinya pastikan asuransi mengamankan setiap kegiatan Anda.

rencana keuangan liburan
Berlibur adalah kegiatan idaman untuk semua orang. Tetapi alangkah bahaya apabila anggaran liburan menggerogoti biaya tabungan penting lain sehingga Anda kehabisan uang sekembalinya dari berlibur. So, Sudah selesai merencanakan budget liburan Anda? Sudah packing? Selamat berlibur 😀

5 thoughts on “Tips Rencana Keuangan Untuk Liburan

  1. Ping-balik: Digital Banking: Mewujudkan Less Cash Society - APBNNews.com

  2. Ping-balik: Mengelola Pengeluaran Kunci Keuangan Sehat - APBNNews.com

  3. Ping-balik: LIbur Nasional dan Cuti Bersama 2015

  4. Ping-balik: Hati-hati ! Reksadana “ASPAL” Menghantui ! - APBNNews.com

  5. Ping-balik: Lima Cara Seru Menabung - APBNNews.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s