Belajar Edit Foto dengan 5 Aplikasi iphone

Reblog artikel bermanfaat dari blog Sahabat… Thanks for sharing @hlga 🙂

Here we go…

Belajar Edit Foto dengan 5 Aplikasi Mobile Fotografi Ini

Belajar mobile fotografi jadi kegiatan saya disamping kerja dan kuliah. Penggunaannya yang mudah, membuat nyaman saya saat mengambil sebuah momen. Saya sendiri menggunakan device iPhone 4s untuk mengambil foto. Dulu sempat ada yang bilang kalo make iPhone hasil jepretannya pasti bagus. Tapi menurut saya jepretan bagus itu kembali ke bagaimana cara kita ngambil objek. Device lain seperti samsul, soni, nokiyem juga punya kelebihan masing-masing pada lensa smartphone-nya. Cuma untungnya, saya yang gak begitu jago fotografi terbantu dengan adanya aplikasi editing foto di iPhone.

Beberapa aplikasi di bawah ini merupakan aplikasi andalan yang saya pakai untuk mengedit foto mulai dari berbentuk raw sampe ter-publish di instagram. Jadi foto yang ada di instagram milik saya itu masih jelek kualitasnya tanpa adanya aplikasi pendukung ini.

aplikasi snapseed - halogaga

1. Snapseed

Aplikasi ini baru aja diakuisisi google beberapa waktu lalu. Dengan aplikasi ini kalian bisa menggunakan beberapa fiturnya seperti tune image untuk mengatur brightness, contrast, saturation, ambience pada foto kita. Ada juga fitur straighten dan crop untuk merapikan angle foto. Fitur details dan drama untuk membuat foto lebih detail. Sedangkan untuk filter vintage, efek grunge, dan black and white disediakan bagi kalian yang doyan ngutak-atik warna foto. Selain itu ada lagi fitur terbaru snapseed yakni HDRscape yang bisa digunakan untuk mengubah foto anda menjadi foto HDR yang kualitasnya mirip dslr itu loh. Aplikasi ini bisa di download gratis di appstore(iOS) ataupun google play(android)

aplikasi vscocam- halogaga

2. VSCOcam

Sebelum diupload ke instagram, saya biasanya mengolah foto dengan preset VSCOcam. Preset atau semacam filter di aplikasi ini bisa membuat kualitas foto kita setara dengan tampilan kamera film. Selain buat ngedit, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengambil gambar. Proses editing di vscocam juga terbilang mudah digunakan. Pengaturan contrast, saturation, exposure, fade, sampai filter bisa digunakan dengan mudah. Cuma untuk sekarang aplikasi ini masih tersedia di appstore. Sedangkan di android masih baru muncul versi beta di beberapa device aja.

aplikasi Phonto - halogaga

3. Phonto

Aplikasi ini tersedia di appstore maupun google play. Fungsi utamanya yakni menambahkan caption atau text pada foto. Keunggulannya kita bisa memasukkan font favorit sesuai selera kita. Dengan aplikasi ini kita bisa menambahkan text untuk mempercantik tampilan foto atau hanya memberikan watermark.

aplikasi Procamera - halogaga

4. ProCamera

Kalo kalian pecinta street fotografi, aplikasi ini cocok untuk dipakai. Aplikasi ini memiliki fitur shutterspeed yang cepat sehingga memudahkan kita mengambil foto candid saat mengambil momen di jalanan. Sebenarnya aplikasi ini lebih fokus ke pengambilan gambar dibandingkan editing. Tapi pas ngambil gambar kita bisa mengatur exposure, angle, white balance sebelum memfokuskan kamera ke objek yang akan kita ambil. Dengan procamera kita juga bisa mengatur ukuran foto seperti 1:1, 4:3, atau 16:9 sebelum objek diambil. Jadi gak perlu susah payah di crop lagi deh.

aplikasi rhonna design - halogaga

5. Rhonna Design

Aplikasi ini cocok bagi kalian pecinta tipografi. Dengan dipadukan foto yang cakep, hasil tipografinya bakal keliatan menarik. Disediakan banyak font dan ornamen yang biasa digunakan untuk menulis semacam quote pada foto. Cuma kalian mungkin harus lebih telaten menggunakannya karena kalo nggak hasilnya bakal kurang kece. Untuk saat ini aplikasi ini baru tersedia di appstore aja.

Selain 5 aplikasi diatas ada juga aplikasi serupa yang sering saya gunakan yakni squaready(merapikan ukuran foto sebelum di upload ke instagram), filterstrom(mirip snapseed), typic+(mirip phonto), pic stitch & photo shake(menyatukan beberapa gambar menjadi satu), slowshutter, timelapse, noir(buat pecinta black & white fotografi) Seperti biasa hasil dari beberapa aplikasi ini akan kembali ke penggunanya. Bagus nggaknya juga bisa dinilai dari kualitas foto dan seberapa bagus editan fotonya. Kalo mau lebih ekstrim ngedit foto masih banyak aplikasi yang bisa digunakan. Cuma karena saya pribadi ga begitu suka ekstrim edit jadi mungkin cuma diedit sederhana aja.

Tertarik belajar ngedit foto dengan smartphone?

Sumber: Halogaga.com/blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s