Konsep Foto Prewedding

Konsep Foto Pre Wedding

Bagaimana ya konsep fotonya?!
Hal itu menjadi pertanyaan yang umum bagi calon pengantin yang berencana melakukan prewedding photoshoot.

Pada umum-nya pasangan menyerahkan pencarian ide kreatif ini pada sang fotografer yang telah dipilih. Tugas awal dari seorang fotografer bermula dari sini. Fotografer bertindak selayaknya konsultan yang mencari formula khusus dalam ide kreatifnya, untuk disesuaikan dalam karakter pasangan tersebut. rrrrrr… bahasa saya terlalu abstrak😀

intinya konsep yang akan diambil sedikit banyak harus merefleksikan pribadi atau karakter dari kedua pasangan tersebut, akan aneh apabila konsep fotonya tidak relevan dengan kedua pasangan kan?!

Aku-dan-Dia-Photography

courtesy of Aku & Dia Photography

Tujuan orang bikin foto prewedding itu apa sih? ngikutin Tren aja?!

Singkatnya bagi pasangan hal tersebut sebagai bentuk prasasti dalam salah satu pencapaian hidup mereka, dan dokumentasi tersebut akan sangat berharga setelah bertahun kemudian. Bagi pihak eksternal, tamu dan keluarga, seharusnya bukanlah hanya menjadi pajangan dan penunjang dekorasi dalam pernikahan, melainkan menjadi medium untuk menyampaikan pesan kepada pengunjung yang hadir.

Mungkin seperti ini yang dapat disampaikan: inilah dunia kami berdua, inilah awal mula kami bertemu, inilah cara kami berdua menghabiskan waktu dan bersenang-senang, dan inilah cara kami memutuskan untuk menikah. Beberapa statement diatas mungkin dapat menggambarkan hal-hal yang pasangan inginkan, pengunjung yang hadir pun akan tersenyum melihatnya dan turut bahagia di hari bahagia tersebut. Kira-kira begitulah esensi dari foto prewedding menurut saya😀

Di artikel ini (source below), saya mencoba membantu tugas dari fotografer dan mungkin para calon pengantin, dengan merumuskan alternatif konsep yang nanti ya mungkin bisa dipakai based on my exp yes🙂. Tidak harus semuanya diterapkan sekaligus, mungkin ada satu atau dua point yang bisa Anda jadikan referensi. Hey! its your day! yours biggest day ever for bride and bridegroom, so be creative for your day right!😉

Konsitensi konsep prewedding dengan konsep pernikahan.
bisa dari dekorasi, tata acara/adat, dress pengantin maupun kostum prewedding kalau bisa yang sinkron dan konsisten. I mean, Contoh, jika anda dalam upacara pernikahan, anda memilih menggunakan konsep modern, sebaiknya dalam pre wedding konsepnya juga modern.

prewedding jakarta

courtesy of Aku & Dia Photography

Be you!
Sebaiknya pilihlah konsep sesuai dengan kepribadian anda, jika anda seorang yang agak pemalu dan tidak terbiasa didepan kamera, sebaiknya anda memilih konsep natural. Karena konsep pra wedding natural lebih menekankan pada ekspresi anda berdua. Kemesraan pasangan pun akan terlihat di foto itu.

Storytelling photography
ini favorit saya, sequence foto prewedding menceritakan awal mula pasangan bertemu, jadian sebagai pacar, sampai dengan meng-ilustrasikan bagaimana si cowok melamar si cewek. beberapa atribut yang sudah disiapkan pasangan pada hari pernikahannya bisa dijadikan stock shoot yang bagus, misal cincin pernikahan, ataupun kado special yang sudah diberikan.

Gaya Klasik dan Jadul
Ini bisa jadi tema yang membuat Anda dan pasangan Anda tersenyum jika mengenangnya. Tema ini bisa diangkat dari saat pertemuan atau perkenalan pertama Anda. Misalnya ketemu saat SMP atau SMA.

Kesukaan atau Hobi
Anda memiliki hobi yang sama, ini juga bisa jadi cerita foto pre wedding yang seru. Misalnya hobi bersepeda, travelling, gokart, atau hobi main musik.

Pekerjaan atau Profesi
Ide yang bagus, jika Anda ingin mengambik konsep tentang profesi Anda, misalnya fotografer dengan gaya sambil memegang kamera dan berada di studio, arsitek dengan foto latar belakang gedung yang anda rancang, atau guru dengan gaya berfoto lagi mengajar di kelas.

Restoran Favorit Anda dan Pasangan
Ini juga merupakan ide yang bisa tepat untuk Anda. Apalagi di dukung dengan suasana restoran yang berlatar belakang hijau dan alam, tentunya menjadi kenangan manis yang tak terlupakan.

prewedding murah

courtesy of Aku&Dia Photography

Post Processing
Editing juga harus anda tentukan konsepnya, yaitu konsep yang menekankan ke digital imaging, dan konsep yang lebih mekankan ke natural editing (editing yang tidak terlalu banyak, dan lebih menekankan ke photography dan warna). Konsep natural editing biasanya lebih disukai, karena prewedding photo, tidak terpengaruh akan trend mode saat ini dan seterusnya. Saya sendiri sebagai fotografer menyarankan aga tidak terlalu banyak editing😀

Mungkin masih banyak idefoto prewedding lainnya, silakan tinggalkan komentar dan saran Anda dibawah ini, saya akan menambahkannya dengan segera🙂.

Cheers, Fotopreneur!

sumber:
forum.kompas.com
jakfoto.net

One thought on “Konsep Foto Prewedding

  1. Benar apa yg bos bilang d kalimat terakhir, bahwa sebisa mungkin untuk tidak terlalu banyak editing…

    Saya sendiri adlh penjual kamera, tapi gak mungkin jg selama.a kerja sama orang.,.,
    Ingin buka usaha pre wedding, tapi belum tau apa2 aja yg d butuhin…,.
    Bsa minta bantuan.a gak bos…?
    Tq

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s