Harga Jasa Fotografi Tidak Murah?

Wah, mahal ya!, untuk jasa jeprat-jepret saja musti ngeluarin XXX juta!!

Barangkali itulah ungkapan seorang calon klien kepada kita, setelah kita menyampaikan tarif atau penawaran jasa fotografi proffesional dari kita.

Menurut saya, bisnis atau usaha membutuhkan pengetahuan manajemen dan keuangan, yang merupakan “sisi lain” dari sebuah kewirausahaan, sehingga bisa menjual karya seni dengan nilai tambah yang luar biasa, bukan menjual foto seharga ongkos cetak dan uang lelah. Untuk menjawab cara menetapkan tarif jasa fotografer dan sebagai informasi kepada konsumen, melalui tulisan ini saya ingin menyampaikan beberapa hal yang menjadi komponen dalam jasa fotografi,

KOMPONEN JASA

Komponen biaya ini yang memiliki porsi paling besar, biasanya dibebankan sebanyak sekitar 50-70% dari biaya jasa yang ditawarankan kepada klien, komponen ini meliputi  jasa fotografer dan  jasa editor, intrumen penilaiannya meliputi

  • Keahlian
  • Taste
  • Tenaga
  • Waktu
  • Concept Creation Fee

Keahlian (skill)  merupakan hal yang paling penting disini, belum tentu fotografer yang menggunakan peralatan mahal lebih bagus dalam menghasilkan foto. Faktor Man behind the Gun menjadi penting disini. Jadi tidak heran kalau kita dapati fotografer profesional ternama, menetapkan harga yang cukup tinggi untuk jasa mereka. Biasanya, Semakin tinggi jam terbang atau skill seorang fotografer maka semakin mahal dia menetapkan harga untuk skill dan kemampuannya.

Mengapa demikian?
karena “Ilmu Fotografi itu mahal” dibutuhkan waktu dan latihan berulang-ulang untuk menyempurnakan kemampuan dalam menangkap moment, ekspresi, cahaya, dll.

Yang berikutnya adalah soal taste, hal ini sangat personal, bagaimana seorang fotografer melihat angle, dan sudut pandang tertentu dalam frame, dan bagaimana seorang editor memberikan nuansa warna dan sentuhan akhir pada foto. Hal-hal tersebut merupakan selera dari tiap individu, tentunya setiap orang punya penilaian yang subjektif. Jadi jangan heran apabila Anda melihat jasa fotografi dengan sentuhan warna yang bagus, dan memiliki reputasi yang bagus. Artinya Jasa Fotografi tersebut memiliki team atau fotografer dan editor yang cukup briliant, yang memiliki taste yang diterima oleh khalayak banyak.

Terakhir adalah, biaya mikir atau biaya pembuatan konsep fotografi yang ditawarkan, biasanya muncul pada jasa fotografi pre-wedding. Merupakan hasil olah pikiran dalam menentukan guideline atau story board sebelum melaksanakan sesi foto. Tentunya hal ini merupakan salah satu komponen jasa yang patut diberikan reward juga.

KOMPONEN OPERASIONAL

yang termasuk dalam biaya ini adalah

  • Biaya Sewa (Lensa, Lighting, dll)
    Biasanya seorang fotografer profesional sudah memiliki sebagian besar kebutuhan dasar jasa fotografi, namun tidak dipungkiri, Tidak ada salahnya menyewa, beberapa peralatan yang mahal untuk mendapatkan hasil yang maksimal. sebagai contoh: lensa dengan harga puluhan juta rupiah. Semakin mahal alat yang digunakan/dibutuhkan dalam sesi foto maka semakin mahal juga biaya untuk sewa alat dan berujung pada semakin tinggi nilai paket yang ditetapkan.
  • Biaya Perizinan Lokasi Foto
  • Biaya Listrik
  • Biaya Transport
  • Biaya lain-lain

KOMPONEN PRODUKSI

Merupakan biaya-biaya yang muncul dalam memberikan output kepada klien, diantaranya adalah:

  • Biaya Cetak/ Perbesaran
  • Biaya Frame
  • Biaya Album
  • Biaya DVD + Cover

Diatas adalah gambaran sederhana dalam merumuskan paket penawaran jasa fotografi kita kepada calon klien dan harapan saya sekaligus sebagai bahan pertimbangan bagi klien dalam memilih jasa fotografi, agar tidak salah persepsi terhadap tarif jasa fotografer. Semoga share kali ini bisa bermanfaat!

Cheers

Fotopreneur🙂

One thought on “Harga Jasa Fotografi Tidak Murah?

  1. Setuju, ide sangat mahal harganya, bila ditanya berapa biayaanya, hmm.. sulit diterjemahkan. mungkin yg paling tepat harus hitung-menghitung biaya pendidikan/sekolah fotografi (kalau sekolah/kursus), bagi yg otodidak bagaimana?!

    Jika dalam hal ini tersosialisasi pada semua pengguna jasa fotografi kita aka lebih mudah untuk menerangkanya atau mereka akan paham dengan sendirinya.

    Mari kita kampanyekan “Nilai sebuah harga dari hasil kreatifitas..” Salam Fotografi..!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s