Fotografer.net Capai Satu Dekade

KOMPAS.com/Deliusno

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada 30 Desember mendatang, Fotografer.net (FN), komunitas fotografi terbesar di Indonesia, genap berusia 10 tahun. Dalam satu dekade ini, FN telah berhasil memikat 455.000 orang, bukan username.

Biasanya satu orang bisa memiliki beberapa username. Sedangkan dalam peraturan FN, satu orang hanya boleh memiliki satu username.

“Untuk melakukan verifikasi, seseorang yang ingin bergabung dengan FN harus memberikan data KTP atau SIM sehingga tidak mungkin ada satu orang yang memiliki banyak username,” kata Kristupa W. Saragih, President Director FN, saat berbincang dengan KompasTekno, Jumat (7/12/2012).

Selain jumlah pengguna yang memukau, FN juga telah berhasil mengumpulkan 1.5 juta foto dalam 10 tahun ini. Setiap harinya ada 720 foto baru yang diunggah dan ada 120 orang member baru.

FN selalu punya cara menarik untuk mempertahankan para membernya, seperti hunting foto bersama, workshop, tanya jawab dan bursa jual beli produk-produk yang berkaitan dengan dunia fotografi.

Ternyata, menurut Kristupa, bursa jual beli tersebut merupakan salah satu “pasar” kamera terbesar di dunia.

Untuk ke depannya, FN akan hadir dengan sebuah fitur baru yang disebut Direktori. Di fitur ini, pengguna FN dapat menemukan berbagai informasi penting terkait dunia fotografi, seperti studio foto, make-up artist, toko kamera, model, peminjaman alat foto, hingga tempat peminjaman mobil pernikahan.

Kristupa berharap di usianya yang ke-10, FN bisa menjadi sebuah wadah bagi semua fotografer di Indonesia dan mampu menghasilkan karya yang dikenal di seluruh dunia.

sumber: tekno.kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s