Tips Fotografi Arena Balap

Pada posting Kali ini fotopreneur membagikan tips fotografi pada arena balap yang bersumber dari Media Indonesia berupa tips singkat yang dapat Anda terapkan dengan mudah. Mungkin lebih ditujukan bag Anda yang memiliki hobi otomotif, dan ingin mengabadikan momen dalam kamera Anda, atau bagi wartawan foto di bidang otomotif. Ditulis oleh Budi Ernanto dari mediaindonesia.com.

MEMOTRET balap mobil atau motor di sirkuit butuh kemampuan khusus. Tapi sebenarnya menurut mantan fotografer di salah satu majalah otomotif Maryssa Tunjung Sari, sering latihan lebih diperlukan agar mampu memotret di arena balap.

Media Indonesia berkesempatan berjumpa dengannya di Jakarta pada Kamis (27/9) dan mendapatkan tips memotret saat di sirkuit balap.

1. Posisi pas

Kalau Anda bukan fotografer media, atau hanya sebagai penonton, pastikan mendapatkan posisi atau tempat duduk yang lega agar bisa mengabadikan momen tanpa terhalangi objek tertentu.

2. Feeling

Sebenarnya, selain menggunakan logika untuk mengutak-atik pengaturan kamera, feeling juga dibutuhkan. Dengan feeling, Anda dapat menangkap momen menarik yang mungkin tidak disadari orang lain.

3. Titik fokus

Jangan sampai karena terlalu serius memperhatikan mobil atau motor, Anda sampai lupa titik fokus yang ada di kamera. ”Nanti yang jelas dipotret malah aspalnya, bukan mobil,” jelas Maryssa.

4. Lensa sesuai

Agar aman, bawalah dua kamera. Tapi kalau hanya punya satu kamera, bawalah dua lensa. Lensa wide dan tele bisa saling mendukung. Maryssa mengatakan lensa 18-200 mm juga bisa diandalkan kalau belum memiliki dua lensa.

5. Shutter speed

Maryssa berkata speed 1/125 merupakan shutter speed minimal yang biasa digunakan. Tapi pastikan juga berapa kecepatan kendaraan yang ingin dipotret. (*/OL-13)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s