Beradabnya (sebagian) Fotografer Kita

Setelah era digital, dan hoby fotografi menjadi murah, banyak orang mententeng kamera DSLR dan menjadi sangat haus akan foto, dalam konteks ini saya sebut hal ini Arogansi Fotografer. Dalam posting di kali ini Fotopreneur me-reblog dari blog seorang sahabat yang bercerita pengalaman pada saat perayaan waisyak di Candi Borobudur. Sangat disayangkan peristiwa keagamaan yang sakral terganggu kekusyukannya. Celakanya, para pemotret ini sudah tidak lagi menghargai prosesi keagamaan ini, seolah-olah para jemaat yang sedang berdoa ini menjadi obyek wisata yang dengan seenaknya bisa difoto secara frontal. baca selengkapnya posting diatas, dan terapkan etika positif dalam Fotografi Indonesia!!

fotopreneur-pict

efenerr

Sabtu, 5 Mei 2012. 04.30 WIB.

Saya standby di Stasiun Tugu di Yogyakarta, menjemput kawan-kawan ACI yang ikut merayakan Waisyak di Candi Mendut dan Candi Borobudur hingga keesokan harinya. Bersamaan dengan mereka, para fotografer tumpah ruah dari kereta asal Jakarta. Backpack, kamera, kamera dan kamera. Beberapa dikalungkan atau ditenteng keliling stasiun. Dari situ saya tahu, akan banyak sekali pemburu foto Waisyak di Borobudur.

Minggu, 6 Mei 2012. 09.00 WIB.

Saya ke Candi Mendut untuk mengantar Diki, seorang kawan penganut Buddha mengikuti detik-detik perayaan Waisyak. Sudah banyak fotografer yang bertengger, siap membidik, di tiap sudut Candi Mendut. Mereka tampak handal dengan kamera dan lensa canggih.

Siapa sangka, apa yang saya lihat selanjutnya adalah perburuan. Para fotografer itu berburu dengan buas. Buas, dalam konteks ini, adalah mengambil gambar dengan jarak superdekat. Dekat dengan siapa? Tentu saja para Banthe yang sedang berdoa. Misal, dari belakang altar yang menghadap langsung Banthe pemimpin doa…

Lihat pos aslinya 385 kata lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s