Jualan Foto via Flickr

 

Flickr! Berbagi gambar Anda secara gratis! mungkin tidak terdengar seperti cara yang jelas untuk mulai menghasilkan pendapatan dari fotografi, akan tetapi situs berbagi foto (photo sharing sites) dapat kita ubah menjadi tempat menjual portofolio fotografi, yang memungkinkan editor foto mencari foto yang tidak akan mereka temukan di google.

Manage it well

First tings to do, Anda harus memastikan bahwa account Flickr Anda, hanya menampilkan portofolio terbaik Anda, hati-hati, dipilih ,ditandai, dan diatur dan dikategorisasi dalam suatu koleksi yang memberikan kemudahan bagi pengunjung. Jangan lupa Anda juga harus menunjukkan dalam deskripsi, bahwa foto tersebut tersedia untuk dijual, menyatakan Anda memiliki rilis model untuk setiap orang atau tokoh yang muncul dalam gambar, dan berjanji untuk menanggapi secara cepat. (Salah satu keluhan yang sering dialami pembeli adalah respon yang lambat, sulit dan tidak dapat diandalkan, pastikan Anda terlihat seperti seorang profesional.)

be proactive

Networking tentu saja sangat berperan dalam mempromosikan karya Anda. Hasilkan traffic baik yang berasal dari jaringan di dalam Flickr, bisa dengan bergabung dengan group, rajin berkunjung dan meninggalkan komentar yang berguna pada foto orang lain, menghubungkan akun flickr pada blog atau situs Anda, share ke berbagai media sosial, facebook, twitter, pinterest. Intinya maksimalkan semua jalur yang ada.
Di Flickr, bisa saja terjadi seorang pembeli menghubungi fotografer untuk menggunakan hasil karyanya. Namun demikian foto yang dibutuhkan tidak selalu harus luar biasa bagus secara teknis fotografi. Intinya adalah foto Anda tepat pada sasaran. Jadi begini, carilah organisasi atau perusahaan atau institusi pemerintah yang membutuhkan jenis foto yang Anda jual dan invite mereka untuk melihat-lihat photostream terbaik Anda. bisa dimulai dengan mengirimkan email menggoda bukan, hehehe.. juskid :p

Contohnya, Ambilah foto landscape atau humanist yang menggambarkan pariwisata Indonesia, email foto tersebut ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dilengkapi dengan penjelasan yang sopan dan ringkas, maksud Anda mengirimkan foto tersebut, jangan lupa kasih resolusi rendah yah, jangan yang Hires. Berikan harga yang relatif rendah, dan dengan cara pemasaran yang cermat, Anda mampu menjual beberapa gambar ke pasar yang selektif dengan peluang lebih besar.

Selamat Mencoba!

technorati claim: 82RCXK6BNVRS

Iklan

2 thoughts on “Jualan Foto via Flickr

  1. Ping-balik: Tips promosi foto kita via Flickr | Raja Sinopsis Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s